MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

Model pembelajaran jigsaw adalah pembelajaran yang memfokuskan siswa pada grup belajar bersama untuk berkolaborasi menyelesaikan masalah dalam wadah grup kecil.

Praktek Jigsaw
Nantinya kelas akan dipecah dalam beberapa grup, dan masing-masing grup akan diberi tugas untuk mendiskusikan sub-bagian materi, setelah diskusi sub-bagian materi selesai, maka materi akan di satukan secara utuh menjadi satu kesatuan dengan cara mempresentasikan hasil diskusi grup.

Bisa dikatakan bahwa jigsaw learning adalah penyatuan materi dari hasil diskusi siswa yang membahas sub-bagian materi yang telah disediakan oleh guru.

Kunci dari model pembelajaran jigsaw adalah pada keaktifan siswa dalam pembelajaran dan pembuatan grup belajar kecil yang terdiri dari 3-5 siswa.

Berikut merupakan langkah dalam aktivitas Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw:

  1. Membuat grup yang terdiri dari bermacam latar belakang yang terdiri dari 4 hingga 6 siswa.
  2. Dalam grup siswa akan diberi sub-konsep yang berbeda.
  3. Setiap grup berdiskusi dan menjelaskan sub-konsep yang telah diberikan dan memutuskan staf ahli yang bergabung ke grup staf ahli.
  4. Anggota staf ahli akan mendiskusikan setiap sub-konsep yang ada dan mengkoneksikan satu dengan yang lainnya.
  5. Grup ahli dibimbing untuk diskusi tentang konsep yang ada dan saling bahu membahu memahami konsep yang diberikan.
  6. Setiap grup akan menjelaskan di depan kelas hasil dari diskusi yang telah dilaksanakan.
  7. Guru akan mengadakan kuis untuk setiap siswa pada akhir pembelajaran mengenai materi konsep yang sudah diterima siswa.
  8. Siswa akan menyelesaikan kuis individu dan grup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *