PEMBELAJARAN INTERAKTIF MIMHa Model Pembelajaran Group Investigation

Pengertian Model Pembelajaran Group Investigation (GI) – Arifin dan Afandi (2015: 13) mengungkapkan bahwa Group Investigation (GI) merupakan, pembelajaran dimana siswa dilibatkan sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik/ sub topik maupun cara untuk pembelajaran secara investigasi dan model ini menuntut para siswa memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik dalam arti bahwa pembelajaran investigasi kelompok itu metode yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informan) pelajaran yang akan di pelajari melalui bahan-bahan yang tersedia misalnya dari buku pelajaran, masyarakat, internet. Group investigation (GI) dapat melatih siswa untuk menumbuhkan kemampuan berfikir mandiri. Keterlibatan siswa secara aktif dapat terlihat mulai dari tahap pertama sampai tahap akhir pembelajaran.

Model Pembelajaran Group Investigation (GI) memiliki beberapa manfaaat dalam penerapannya. Menurut Primarindha, (2012: 62) manfaat model Group Investigation (GI) sebagai berikut.

a. Dapat melatih siswa menerima pendapat orang lain

b. Bekerja sama dengan teman yang berbeda latar belakang (heterogen).

c. Membantu memudahkan siswa menerima materi pembelajaran.

Meningkatkan kemampuan berpikir dalam memecahkan masalah dan meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Setiap model atau metode pembelajaran pasti mempunyai ciri khas tersendiri, mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam proses penerapannya. Menurut Kholid, (2014: 23) beberapa kelebihan dan kekurangan dari model Group Investigation (GI) adalah sebagai berikut.

INFO DAN PENDAFTARAN
WA 0896-6213-9891 (Ibu Destiny/Humas)

HOTILNE 0811-2304-976