TEKNIK PEMBELAJARAN INTERAKTIF MIMHa

Metode Pembelajaran Gallery Walk
Pembelajaran yang menerapkan metode gallery walk, dengan cara siswa mendiskusikan hal-hal yang mencakup pengetahuan baru dalam pembelajaran. Hal-hal yang ditemukan pada saat diskusi kelompok ditulis dalam kertas plano, kemudian ditempel di dinding kelas untuk dilihat kelompok lain. Setiap kelompok mengamati hasil diskusi kelompok lain yang digalerikan, kemudian bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.

Langkah-langkah Metode Gallery Walk
Menurut Silberman (2014:274) prosedur dalam Gallery Walk adalah sebagai berikut:

  1. Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok beranggotakan dua hingga empat orang.
  2. Perintahkan tiap kelompok untuk mendiskusikan apa yang didapat oleh pada anggotanya dari pelajaran yang mereka ikuti. Kemudian perintahkan mereka untuk membuat sebuah daftar pada kertas lembar berisi hasil “pembelajaran” ini. Perintahkan mereka memberi judul atau manamai daftar ini “hal-hal yang kita dapat”.
  3. Tempelkan daftar tersebut pada dinding.
  4. Siswa diminta untuk berjalan melewati tiap daftar. Perintahkan agar setiap siswa memberikan tanda centang di dekat hasil belajar yang juga didapatkan pada daftar selain dari daftar sendiri.
  5. Surveilah hasilnya, cermati hasil pembelajaran yang paling umum didapatkan. Jelaskan sebagai hasil pembelajaran yang tidak biasa atau tidak diduga-duga.